Outbound di Makassar, Outbound di Manado

Karakteristik Pelatihan

images-5

Sebagaimana dunia yang terus berputar, demikian pula halnya dengan teknologi dan konsep pendidikan yang terus berkembang dengan dinamis. Dan setiap proses tidak semudah membalikan telapak tangan tetapi harus melalui step atau tahapan-tahapan, dimana setiap tahap akan memperkaya setiap individu yang berproses tersebut. Didalam konsep pembelajaran ini selain pemahaman akan pengetahuan (knowledge) juga dimasukkan pembelajaran dan pemahaman atas nilai-nilai kehidupan (living values).

Berdasarkan konsep ini, dikombinasikan unsur-unsur dibawah ini:

1. Simulasi Kesederhanaan

 Aktivitas dalam setiap metode pembelajaran ini adalah sebuah metafora kehidupan yang kompleks dan sarat dengan makna. Setiap simulasi akan dibuat dengan sederhana sehingga hubungan antara simulasi dengan kehidupan sehari-hari akan lebih mudah dipahami. Pada dasarnya segala bentuk aktivitas di dalam pelatihan ini adalah bentuk sederhana dari kehidupan yang sangat kompleks.

2.  Penuh Kegembiraan dan Bertenaga

  Setiap aktivitas dalam pembelajaran ini cenderung akan memberikan kegembiraan, hiburan, dan penuh dengan tantangan.
Keadaan Fun akan melapangkan jalan seseorang dalam mendayagunakan seluruh potensi yang dimiliki secara optimal. Keadaan Fun juga akan mendorong seseorang untuk bersungguh-sungguh, terlibat, dan asyiik dalam melakukan sesuatu – termasuk dalam belajar. Dalam Ilmu Psikologi berkaitan dengan emotional intelligence; berkaitan dengan emosi positif.  (The Learning Revolution)

3. Experiental Learning
Experience is the way to ownership of knowledge  (John Locke)
Pembelajaran disini adalah sebuah metode yang menggunakan pengalaman sebagai media pembelajaran utama. Dengan mendalami, berbagi, memproses pengalaman, lalu merumuskan kesimpulan maka untuk penerapannya dalam kehidupan sehari-hari akan lebih mudah. Oleh karena adanya pengalaman langsung terhadap sebuah fenomena, orang dengan mudah menangkap esensi pengalaman itu.

 4. Indoor Session
Sesi pembelajaran ini difokuskan untuk saling berbagi dalam mengembangkan wawasan dan pengetahuan serta keahlian dari setiap individu yang berproses didalamnya. Selain untuk kebutuhan-kebutuhan diatas, fungsi dari indoor session ini adalah sebagai ajang untuk setiap individu lebih mengenal dan memahami keunikan individu lainnya.

 5. Outdoor Session
Sesi pembelajaran ini merupakan aplikasi dengan menggunakan simulasi-simulasi yang menantang untuk menguji pemahaman dan penerapan baik secara individu maupun kelompok.

6.Processing Feedback Session
Pembelajaran setiap orang dari setiap simulasi adalah berbeda, sehingga proses untuk saling berbagi pemahaman, pemaknaan, dan pembelajaran merupakan hal yang sangat penting (Sharing).