Outbound di Makassar,Outbound di Manado,

Proposal Penawaran

PROPOSAL KEGIATAN

A. GAMBARAN UMUM
Outbound training merupakan salah satu metodepembelajaran modern yang memanfaatkan keunggulan alam. Para peserta yang mengikuti outbound tidak hanya dihadapkan pada tantangan intelegensia, tetapi juga fisik dan mental. Dan ini akan terus terlatih menjadi sebuah pengalaman yang membekali dirinya dalammenghadapi tantangan yang lebih nyata dalam persaingan di kehidupan sosial masyarakat.
Program Outbound traning juga dapat dirancang bagi organisasi, perusahaan atau sekolah-sekolah yang ingin meningkatkan atau membangun sikap kepemimpinan dan kerjasama kelompok dalam diri karyawan dalam suatu perusahaan atau siswa suatu sekolah atau anggota dalam suatu organisasi.
Dilatarbelakangi oleh tujuan pengembangan kualitas sumberdaya manusia bagi setiap organisasi dan perusahaan guna mencapai visi dan misinya, maka Stabilo Consultainment menciptakan beberapa program berbasis pada experiential learning yang dirasakan sangat aplikatif dan mudah dicerna sehingga dapat memberikan suasana yang menyenangkan bagi suatu tim.

B.BENTUK LEMBAGA

STABILO CONSULTAINMENT adalah Lembaga layanan jasa profesional di bidang pelatihan Sumber Daya Manusia dengan menggunakan metode Experiential Learning. Kami bukan Provider Outbound biasa atau bahkan makelar bisnis, kami adalah kumpulan pribadi-pribadi yang mendedikasikan diri pada pengembangan SDM dengan Sertifikat TOT (Training Of Trainer) dan berpengalaman puluhan tahun. Kami merupakan LEMBAGA BERBADAN HUKUM, dengan nomor NPWP : 31.637.169.9-804.000  di bawah koordinasi CV. STABIL SINERGI UTAMA (Stabilo Consultainment )

C. KARAKTERISTIK PELATIHAN
Sebagaimana dunia yang terus berputar, demikian pula halnya dengan teknologi dan konsep pendidikan yang terus berkembang dengan dinamis. Dan setiap proses tidak semudah membalik telapak tangan tetapi harus melalui step atau tahapan – tahapan, dimana setiap tahap akan memperkaya setiap orang atau organisasi yang berproses tersebut. Di dalam konsep pembelajaran Stabilo Consultainment ini juga dimasukkan pembelajaran dan pemahaman atas nilai-nilai kehidupan (living values).
Berdasarkan Konsep tersebut, Ada berbagai alasan mengapa metode outbound training dipakai, antara lain:
1. Metode ini adalah sebuah simulasi kehidupan yang kompleks yang dibuat menjadi sederhana. Pada dasarnya segala bentuk aktivitas di dalam pelatihan adalah bentuk sederhana dari kehidupan yang sangat kompleks.
2. Metode ini menggunakan pendekatan metode belajar melalui pengalaman (experiental learning). Oleh karena adanya pengalaman langsung terhadap sebuah fenomena, orang dengan mudah menangkap esensi pengalaman itu.
3. Metode ini penuh kegembiraan karena dilakukan dengan permainan. Ciri ini membuat orang merasa senang di dalam melaksanakan kegiatan Pelatihan.

D. RUANG LINGKUP PELATIHAN 

Outbound diarahkan pada fokus kegiatan:
a. Personal Effectifeness, ditujukan untuk pengembangan diri agar peserta pelatihan menjadi pribadi yang effektif melalui pengenalan terhadap kekuatan dan kelemahan pribadi agar bisa menemukan jalan untuk memaksimalkan potensi yang dimiliki untuk berprestasi.
b. Effective Team Building, ditujukan untuk melatih peserta agar menjadi ‘team player’ yang handal. Dalam hal ini, peserta dilatih untuk mengoptimalkan manfat dari tim dan mengatasi hambatannya yang meliputi saling ketergantungan, kerjasama, pentingnya komunikasi dan membangun suatu tim yang kompak.
c. Quality Leaership, membantu peserta menggali dan mengasah potensi kepemimpinan yang mereka miliki. Terkait dengan hal ini, adalah bagaimana memecahkan masalah, mengambil keputusan serta melaksanakan fungsi-fungsi manajerial lainnya dalam berbagai situasi.

E. SASARAN PELATIHAN
Secara spesifik tujuan diatas akan dapat dicapai melalui kegiatan-kegiatan yang akan dikembangkan dalam program ini, yaitu:

F. PROGRAM/ SERVICE
Outbound Training
Suatu program Pelatihan Outbound yang dirancang khusus untuk semua kalangan yang memerlukan kemampuan berfikir kreatif dan inovatif, melatih sikap berani mengambil sebuah keputusan, Melatih sikap tanggap, cepat dan tepat, mengasah kemampuan dalam menyelesaikan masalah (probleng solving), dll. Program Outbound Training ini didesain guna mengeksplorasi lebih dalam tentang nilai-nilai kerja dan sikap-sikap dasar kepemimpinan yang sedang peserta pelajari dan kembangkan sehingga Aktivitas dalam pelatihan ini akan disesuaikan dengan level peserta yang akan mengikuti pelatihan ini. Simulasi yang akan diberikan anatara lain: Fun games, ice breaking, Energizer Games, Effective leadership, Comunication Skill, survival, dll.

Leadership Training Program
Leadership Training adalah sebuah program yang dirancang khusus untuk top manager sebagai sarana pembentukan karakter kepemimpinan dalam diri individu maupun dalam tim. Kepemimpinan adalah sebuah keputusan dan lebih merupakan hasil dari proses perubahan karakter atau transformasi internal dalam diri seseorang. Kepemimpinan bukanlah jabatan atau gelar, melainkan sebuah kelahiran dari proses panjang perubahan dalam diri seseorang. Ketika seseorang menemukan visi dan misi hidupnya, ketika terjadi kedamaian dalam diri (inner peace) dan membentuk bangunan karakter yang kokoh, ketika ucapan dan tindakannya mulai memberi pengaruh kepada lingkungan, dan ketika keberadaannya mendorong perubahan dalam organisasinya, pada saat itulah seseorang lahir menjadi pemimpin sejati. Kepemimpinan lahir dari proses internal (leadership from the inside out). Simulasi yang akan diberikan anatara lain: Visi- Mission, Effective leadership, mind power, Effective Habits, Comunication Skill, Leadership, Competence, Decision Making, Priority Games dan Sinergy dll.

Team Building Program
Program Team Building dikhususkan untuk staf dan karyawan Instansi atau perusahaan yang bertujuan untuk membangun tim kerja yang efektif, membangun kerja sama tim yang solid, menyelesaikan konflik internal yang terjadi akibat dari lemahnya komunikasi, koordinasi, dan interaksi dalam kesibukan sehari-hari, simulasi yang akan diberikan atara lain: Fun games dan Ice breaking, games team work, dll.

Character Building Program
Pogram outbound ini ditujukan untuk umum (pelajar tingkat SMA/perguruan tinggi sampai karyawan perusahaan) yang bertujuan membentuk karekter kepribadian yang unggul dan berkualitas, melatih sikap-sikap positif dalam diri, membentuk karakter kepribadian yang tangguh, menjaga keseimbangan fisik pemikiran dan mental spritual, membangun sikap mental agar memiliki semangat baru (new spirit). Simulasi yang akan disajikan antara lain: Fun Games, Ice Breaking, simulasi character building, Problem Solving, dll.

Family Gathering
Merupakan Program outbound yang ditujukan untuk sebuah keluarga besar instansi pendidikan ataupun pemerintah serta perusahaan yang bertujuan mewujudkan kebersamaan, keakraban diantara keluarga besar instansi atau perusahaan, dan juga sarana refreshing bagi anggota keluarga. Simulasi yang akan diberikan antara lain : Fun Games, Games Keluarga (anak-anak, dewasa dan keluarga), lomba-lomba. Tanpa menghilangkan unsur-unsur pelatihan team work, Problem solving, Communication effective dll.

Company Gathering
Disamping unsur rekreasi & fun, kegiatan Company Gathering ini kami desain sedemikian rupa sehingga dapat meningkatkan rasa kebersamaan, kerjasama team, melatih proses pengambilan keputusan yang cepat & tepat dan lain-lain melalui games-games menantang dan tentu saja berbau petualangan.

Outing Plus
Suatu program yang dirancang khusus untuk kebutuhan mengisi Games-games Energizer, Ice breaking dan Fun Games dalam suatu aktivitas atau acara tertentu seperti mendampingi perjalanan wisata (Game for Tour & Travel), mengatasi kejenuhan suatu pertemuan atau rapat penting (Games Filler for Meeting/ Conference), membantu Event Organizer, komunitas sosial dll.

 PAKET 1 FULL DAY
Merupakan paket kegiatan OutBound yang dikemas secara singkat namun padat untuk menggali potensi diri, meningkatkan kerjasama dan kualitas kerja
Contoh Rundown Acara Kegiatan Training Outbound 1 Full Day (bisa di sesuaikan
08.00 – 08.30 : Welcome Drink , Opening / Welcoming Ceremony 08.30 – 09.30 : Pembukaan + Grouping + Ice Breaking 09.30 – 10.30 : Effective Communication Games 10.30 – 11.00 : Break 11.00 – 12.00 : Team Building Games 12.00 – 13.00 : Istirahat + Makan Siang 13.00 – 14.00 : Problem Solving Games 14.00 – 14.15 : Break 14.15 – 15.30 : Synergy Games 15.30 – 16.00 : Softdrink 16.00 – 16.15 : Penutup Evaluasi
INCLUDING:
1. Training Programs / Outing
2. Peralatan dan Perlengkapan Kegiatan
3. Trainer / Fasilitator
4. Staf Pendukung Lapangan
5. Fun games
6. High Rope (Fliying Fox dan Two line brige)
7. Sound System + Sewa Areal + listrik
8. 2 buah Spanduk Kegiatan (Bahan Banner)
9. Tim Medis + Standard Medicine
10. Sewa & Ijin Lokasi
11. Dokumentasi
Nb: Biaya Disesuaikan Dengan Lokasi Outbound

PAKET 2 DAYS 1 NIGHT
Contoh Rundown Acara Kegiatan Training Outbound 2 Day 1 Night (bisa di sesuaikan)
Day 1
08.00 – 10.00 : Perjalanan ke Lokasi dari Jakarta 10.00 – 10.30 : Welcome Drink 10.30 – 12.00 : Pembukaan + Ice Breaking + Fun Games 12.00 – 13.00 : Makan Siang, Chek In 13.00 – 15.00 : Team Building Games + Effective Communication Games 15.00 – 15.30 : Break 15.30 – 17.00 : Problem Solving Games 17.00 – 19.00 : Bersih-bersih 19.00 – 20.00 : Makan Malam 20.00 – 22.00 : Acara Internal / Performance Team / Hiburan / lainnya ~ Diselingi Break 22.00 – : Istirahat
Day 2
06.00 – 07.00 : Streching (Olahraga)
07.00 – 08.00 : Sarapan
08.00 – 09.00 : Extra Fun Games
09.00 – 11.00 : Synergy Games
11.00 – ………: Chek Out
INCLUDING:
1. Training Programs / Outing
2. Perlengkapan Kegiatan
3. Trainer/ Fasilitator
4. Staf Pendukung Lapangan
5. Fun games
6. High Rope (Fliying Fox dan Two line brige)
7. Sound System + Sewa Areal + listrik
8. 2 Buah Spanduk Kegiatan (Bahan Banner)
9. Medical Team + Standard Medicine
10. Sewa dan Ijin Lokasi
11. Dokumentasi
Nb: Biaya Disesuaikan Dengan Lokasi Outbound

H. LOKASI KEGIATAN
Alternatif Lokasi Kegiatan Pelatihan Outbound:
1.Malino Kab. Gowa (bisa menginap)
2.Caddika Makassar
3.Akkarena Makassar (Menginap di Kota Makassar)
4.Galessong Perbatasan Gowa-Takkalar (bisa menginap)
5.Kostrad Kariango (bisa menginap)
6.Bantimurung Kab. Maros
7.Pucak Kab. Maros (bisa menginap)
8.Di Kota/kampung, Gunung/Pantai, Hutan/taman wisata (di mana saja…)

 I. JADWAL PEMESANAN DAN PEMBAYARAN
Tanda jadi pelaksanaan program minimal sebesar 60% dari jumlah total investasi program. Dibayarkan pada saat terjadi kesepakatan kerja sama, selambat-lambatnya 10 (sepuluh) hari sebelum program dimulai. Sisanya (40%) dibayarkan paling lambat waktu pelaksaanaan program berlangsung.

J. GAMBARAN PROSES PELATIHAN & PROGRAM (Terlampir)
K. LAPORAN SETELAH PELATIHAN
Laporan Kegiatan dan dokumentasi foto

L. PENUTUP
Dengan motto ”We Learn By Teaching & Sharing”, kami belajar dengan cara mengajar dan mencoba untuk saling berbagi dengan tujuan untuk memperkaya setiap individu yang terlibat dalam setiap prosesnya. Serta dengan didukung kurang lebih 30 orang Trainer/ fasilitator berpengalaman tidak sulit bagi kami untuk menyelenggarakan pelatihan pada saat yang bersamaan di tempat yang berbeda. Akhir kata, diharapkan Program Designer kami dengan basic pendidikan psikologi, maka kebutuhan Pelatihan dapat terakomodasi dengan baik.

 

Ctt:
Selama program, peserta diharapkan untuk:
•   Memakai sepatu sport atau sepatu sandal
•   Memakai sun block
•   Memakai pakaian casual/ kaos dan celana longgar (disarankan selain jeans)
•   Membawa pakaian hangat, pakaian ganti, jas hujan & peralatan pribadi
•   Siap dengan berbagai kondisi cuaca (hujan, panas),

kecuali bahwa cuaca dianggap sangat berbahaya oleh penyelenggara.

Gambaran Proses Pelatihan

 

Mengapa Stabilo Consultainment?
Karena Kami berbeda dan unik!
Stabilo Consultainment Adalah Lembaga Jasa Profesional yang sangat peduli dengan pengembangan Sumber Daya Manusia. Kami berbeda karena kami bukan Event Organizer (EO) atau Provider Outbound biasa atau bahkan Makelar Bisnis. Kami adalah kumpulan pribadi lulusan Psikologi yang selalu ingin mendedikasikan diri pada pengembangan SDM. Kami ingin menjadi Agent Of Change! Kami Unik karena kami tidak hanya melakukan tugas selama pelatihan tetapi kami selalu berusaha untuk memulai setiap program dari budaya yang ada di organisasi, baru kemudian didesain ulang sesuai dengan keinginan atau tuntutan yang diinginkan oleh pihak managemen organisasi tersebut, dengan demikian setiap proses pelatihan akan selalu melalui tahapan:
1. Pra Pelatihan
Diawali dengan Assesment, baik untuk peserta maupun organisasi sehingga diperoleh kebutuhan yang diinginkan. Kemudian menyusun materi pelatihan dengan memperhatikan desain pembelajaran, strategi, metode dan sumber belajar.
2. Pelaksanaan Pelatihan
Selalu dimulai dengan doa, kemudian teaching orientation, pretest, ice breaking, materi pelatihan, assesment, post test, evaluation program dan building commitment.
3. Pasca Pelatihan
Laporan evaluasi pelatihan (Training Report), Laporan evaluasi individu (Personal Report), jika diperlukan bisa dilanjutkan dengan monitoring peserta sebagai follow up.

Download Penawaran Kegiatan