Outbound di Makassar,Outbound di Manado,

Prospektus Kegiatan

A. Jenis-jenis Kegiatan

OPENING DAN ICE BREAKING

Pembukaan dilakukan oleh pihak panitia penyelenggara bersama dengan Stabilo Consultainment dengan memainkan game-game ice breaking bersifat Fun Games dalam kelompok besar yang berfungsi untuk:

- Mencairkan suasana
- Melepaskan kekakuan/ kebekuan antara peserta dengan peserta atau peserta dengan Fasilitator
- Proses adaptasi awal dengan lingkungan baru
- Mengawali untuk keluar dari rutinitas dan Zona nyaman sehari-hari
- Saling mengenal satu dengan yang lain
- Melatih konsentrasi terhadap pelaksanaan pelatihan

2012082118013532

GROUPING DAN YELLING

Sebelum peserta dalam setiap kelompok melakukan Tour de Game, Games Master akan membagi seluruh peserta masuk dalam kelompok-kelompok kecil dengan perbandingan 15 peserta banding 1 Trainer/ Fasilitator. Setiap kelompok akan dihidupi oleh suatu penyemangat dengan membuat Yel-yel untuk diperagakan pada setiap pos permainan nantinya.

Initiative Game I

Initiative game I terdiri dari 2 permainan utama, yaitu The Roullet & Golden Agg. Secara lebih rinci akan dijelaskan dibawah ini:

THE ROULLET

Dalam permainan The Roullet tugas peserta hanyalah mengurutkan susunan angka-angka dalam posisi melingkar dengan cara menyebutkan angka tersebut secara berurutan dengan waktu yang terbatas. Permainan ini membutuhkan strategi penempatan orang untuk mengcover beberapa angka yang ada di depannya. Tujuan dari simulasi The Roullet ini adalah:

o Melatih kemampuan individu untuk belajar mendengarkan pendapat orang lain.
o Belajar konsentrasi, kecepatan serta ketepatan untuk memainkan permainan ini
o Menunjukkan kepada peserta tentnag pentingnya menyamakan persepsi demi tujuan bersama
o Menekankan pentingnya menentukan dan mendahulukan prioritas

GOLDEN AGG

Golden Agg merupakan sebuah rangkaian tugas dimana peserta diminta untuk mengambil telur emas/ buah harapan masing-masing tiap orang. Tidak diperkenankan menggunakan alat bantuan lain kecuali dengan bantuan tim/ temannya sendiri. Tujuan dari simulasi ini adalah:

o Peserta diminta untuk menganalisis dan membuat strategi jitu sebelum melakukan sesuatu
o Mengajak peserta untuk memaksimalkan potensi yang ada (aktualisasi diri)
o Mengasah solidaritas dan bentuk kerjasama satu sama lain
o Memahami pentingnya peran orang lain dalam mencapai tujuan hidup kita

Initiative Game II

Initiative game II terdiri dari 2 permainan, yaitu Alkatraz dan Bom Disposle. Kedua permainan di initiative game II ini mulai ditujukan untuk melatih kemampuan individu dalam kelompok. Secara lebih rinci akan dijelaskan sebagai berikut:

ALKATRAZ

Alkatraz merupakan suatu permainan memecahkan kode-kode rahasia untuk bisa keluar dari penjara di zaman Yunani kuno. Jika satu peserta mencoba untuk memecahkan kode namun gagal, maka akan digantikan oleh peserta yang berada di balek jeruji. Biasanya peserta yang sudah mencoba memecahkan kode, ia akan mengingat kode-kode yang sudah dibuka sehingga tinggal di ingat dan diinformasikan untuk diteruskan oleh temannya yang berada di balik jeruji. Awalnya melakukan suatu kebiasaan itu memang tidaklah mudah (bahkan sulit). Namun setelah beberapa kali melakukan kebiasaan kebiasaan tersebut lama-lama kita juga terbiasa. Tujuan dari simulasi ini adalah:

o Peserta diminta untuk menganalisis dan membuat strategi jitu sebelum melakukan sesuatu
o Mengajak peserta untuk bekerja sama dengan pembagian peran yang baik
o Melatih peserta untuk bersinergi

BOM DISPOSLE

Tugas peserta dalam simulasi ini adalah memindahkan Bahan Kimia berdaya ledak tinggi yang berada ditengah lingkaran dengan hanya menggunakan beberapa tali saja. Setiap kelompok akan dibagi menjadi 2 peran, yakni kelompok robot yang hanya mengendalikan tali

dengan mata tertutup dan kelompok manusia yang memberikan intruksi kepada operator/ robotnya. Tujuan dari simulasi ini adalah:

o Menekankan pentinganya sebuah komunikasi yang timbal balik antara sender dengan receiver
o Melatih kemampuan peserta untuk bisa mendengarkan dan memahami kebutuhan orang lain terlebih dahulu baru kebutuhan pribadi
o Mengajak peserta untuk bisa berkomunikasi secara efektif dan efisien

Initiative Game III

Proses initiative game III berisikan 1 permainan utama yang terdiri dari Mouse Trap. Permainan di initiative game III ini mulai ditujukan untuk melatih kemampuan individu dalam kelompok. Secara lebih rinci akan dijelaskan sebagai berikut:

MOUSE TRAP

Permainan ini membagi Setiap kelompok menjadi 2 peran, yakni kelompok pemimpin (Leader) dan kelompok pengikut (Follower). Tugas leader adalah duduk di kursi basah dan mencoba memberikan intruksi yang membangun (baik & benar) sehingga sang follower tidak menyentuh tali dan tongkat. Ingat, jika tali dan ongkat tersentuh maka AIR yang berada di dalam ember akan tumpah dan membasahi sang Leader. Begitu juga sang follower mencoba peka dan memahami intruksi atau perintah sang Leader, sehingga tidak menyentuh tali dan tongkat dan tidak menumpahkan air dalam ember tersebut.

Tujuan dari adanya kegiatan yang dinamakan Mouse Trap ini adalah:

o Belajar bertanggung jawab terhadap dirinya dan orang lain
o Melatih ketrampilan berkomunikasi dan belajar mendelegasikan tugas secara benar
o Melatih kemampuan untuk bersikap proaktif dan bisa mendengarkan pendapat orang lain.
o Mengajak peserta untuk mau memimpin dan bisa dipimpin oleh orang lain.

SPIDER WEB

Tugas peserta dalam simulasi ini adalah melewati rintangan yang telah disediakan berupa jaring laba-laba. Gambarannya adalah bagaimana agar suatu kelompok ini bisa berpindah ke seberang melewati lubang laba-laba tanpa menyentuh talinya. Bahkan jika ada teman kelompok yang sudah menyebrang namun jika ada anggota kelompoknya yang menyentuh tali pada jaring laba-laba maka teman kelompok yang sudah menyebrang harus mengulang lagi dari awal. Tujuan dari permainan ini adalah:

o Mengajak peserta untuk menghargai keberadaan orang lain.
o Memberikan wacana kepada peserta akan arti penting orang lain dalam kehidupan pribadi dan sosial
o Melatih kemampuan peserta untuk berpikir saling menguntungkan dengan pihak lain

ALTERNATIVE GAME LAIN

1. TRAFIC JUM

Trafic Jum merupakan sebuah rangkaian tugas dimana peserta diminta untuk memecahkan sebuah masalah atau keruwetan dengan membuat strategi yang cukup jenius. Dalam permainan ini peserta benar-benar diajak berpikir kritis dan membutuhkan konsentrasi yang tinggi. Tugasnya adalah bagaimana agar suatu kelompok yang berada dalam barisannya bisa pindah ke barisan kelompok lainnya hanya dengan menggunakan satu buah terminal. Peserta yang sudah maju tidak diperkenankan mundur kembali. Peserta juga tidak diperkenankan melompati lebih dari 1 orang dari peserta lawannya dan satu karpet hanya digunakan untuk satu orang. Peserta tidak diperkenankan menggunakan alat bantuan lain kecuali dengan bantuan tim/ temannya sendiri. Tujuan dari simulasi ini adalah:

o Peserta diminta untuk menganalisis dan membuat strategi jitu sebelum melakukan sesuatu
o Mengajak peserta untuk memaksimalkan potensi yang ada (aktualisasi diri)
o Mengasah solidaritas dan bentuk kerjasama satu sama lain
o Memahami pentingnya peran orang lain dalam mencapai tujuan hidup kita

2. Bambu Gila

Dalam permainan Bambu Gila tugas peserta hanyalah untuk menurunkan sebuah frame dari setinggi dada sehingga menempel di tanah. Posisi jari untuk memegang frame adalah dengan jari telunjuk yang teracung ke depan dan tidak diijinkan untuk mencepit frame tersebut. Tujuan dari simulasi Bambu Gila ini adalah:

o Melatih kemampuan individu untuk belajar mendengarkan pendapat orang lain.
o Mengajak peserta untuk mau memimpin dan bisa dipimpin oleh orang lain.
o Menunjukkan kepada peserta tentnag pentingnya menyamakan persepsi demi tujuan bersama
o Menekankan pentingnya menentukan dan mendahulukan prioritas

3. THE RING

Dalam permainan The Ring tugas peserta hanyalah mengeluarkan sebuah cincin besar yang melingkar pada batang bambu dengan waktu yang sangat terbatas. Permainan ini membutuhkan strategi penempatan orang untuk saling berkorban, peduli serta empati satu sama lain. Tujuan dari simulasi The Roullet ini adalah:

  • Melatih kemampuan individu untuk belajar mendengarkan pendapat orang lain.
  • Belajar konsentrasi,  kecepatan serta ketepatan untuk memainkan permainan ini
  • Membutuhkan kerjasama tingkat tinggi untuk saling berkorban, peduli dan empati satu sama lain
  • Memberikan wacana kepada peserta akan arti penting orang lain dalam kehidupan pribadi dan sosial

4.MIRACLE SIMPLEX

Permainan sederhana dimana tugas kelompok adalah secara bersama-sama membawa sebuah papan triplex dari suatu tempat ke tujuan yang sudah ditentukan namun papan tersebut banyak akan resiko yang harus ditanggung karena air dan telor yang berada diatasnya harus diselamatkan karena air dan telor adalah lambang kehidupan baru. Yang menarik dari kegiatan ini adalah, dalam menyelesaikan tugasnya peserta tidak diijinkan untuk memegang langsung telor dan papan triplexnya melainkan dengan menggunakan tali-tali yang terbatas jumlahnya. Adapun tujuan dari simulasi ini adalah:

  • Mengajak peserta untuk melatih kemampuan observasi terhadap kondisi lingkungan
  • Mengajak peserta untuk peka dan peduli terhadap orang lain
  • Belajar untuk mengerti posisi dan kedudukan orang lain dalam sebuah tugas
  • Melatih kemampuan untuk bersikap proaktif dan bisa mendengarkan pendapat orang lain.
  • Mengajak peserta untuk menyamakan persepsi dalam mencapai tujuan bersama
  • Menekankan pentingnya menentukan tujuan sebelum memulai sebuah kegiatan

5.BASKOMUnic

Permainan sederhana dimana tugas kelompok adalah secara bersama-sama membawa dan memindahkan Baskom berisi air hanya dengan menggunakan Stik bamboo yang dipegang. Bekerjasama dan memahami pentingnya peran orang lain dalam mencapai tujuan adalah tugas utamanya. Adapun tujuan dari simulasi ini adalah:

  • Peserta diminta untuk menganalisis dan membuat strategi jitu sebelum melakukan sesuatu
  • Mengajak peserta untuk memaksimalkan potensi yang ada (aktualisasi diri)
  • Mengasah solidaritas dan bentuk kerjasama satu sama lain
  • Memahami pentingnya peran orang lain dalam mencapai tujuan hidup kita

Initiative Game IV

Initiative game IV terdiri dari 3 permainan Three Atlhon yang luar biasa menarik dan menantang kemampuan individu untuk berkerjasama dalam kelompok. Permainan ini bersifat Kompetisi antara kelompok, sehingga akan dibuatkan Skema kompetisinya. Secara lebih lanjut akan dijelaskan sebagai berikut:

Ball Point – Crocodille Bridge – A POLE

Peserta akan menyelesaikan 3 permainan yang terdiri dari: Ball Point – Crocodille Bridge dan A POLE. A Pole merupakan suatu permainan mengendarai sebuah enggrang dari bambu berbentuk huruf “A”. Peserta lainnya mencoba membuatnya berdiri tegak tanpa harus memegang batang bambunya sehingga yang cukup di pengang adalah tali-tali yang mengikat batang bambu tersebut. Jika suatu kebiasaan menjalankan engrang sudah lancar maka tugasnya adalah memindahkan jumlah botol yang tersedia pada tempat yang sudah ditentukan sebanyak mungkin dengan waktu yang terbatas. Awalnya melakukan suatu kebiasaan itu memang tidaklah mudah (bahkan sulit). Namun setelah beberapa kali melakukan kebiasaan kebiasaan tersebut lama-lama kita juga terbiasa.

Tujuan dari simulasi ini adalah:

o Peserta diminta untuk menganalisis dan membuat strategi jitu sebelum melakukan sesuatu
o Mengajak peserta untuk bekerja sama dengan pembagian peran yang baik
o Melatih peserta untuk bersinergi

Initiative Game V

Initiative game II terdiri dari 2 permainan utama, yaitu Paint Ball dan Flying Fox. Secara umum kita yang sudah mengetahui tujuan dari pada permainan ini:

PAINT Ball

Berperang dengan menggunakan cat warna warni untuk sebuah tujuan yang merupakan tujuan tim dan tujuan pribadi adalah poin penting yang bisa diambil dari simulasi ini. Mengatur strategi dengan jitu dan efektif sangat diperlukan sebelum melakukan sebuah tantangan tertentu.

FLYING Fox

Suatu kegiatan “Personal Challenge” yang dikemas sesuai dengan SOP (Standart Operational Prosedural) sehingga mengutamakan keselamatan (Safety First) Peserta yang akan mengalaminya. Flying Fox merupakan suatu permainan meluncur dengan menggunakan Sling atau Tali Karmantel dan di lengkapi dengan Harness Full Body sebagai pelindung tubuhnya. Kegiatan ini merupakan suatu kegiatan dimana tujuan utamanya adalah bagaimana peserta bisa mengalahkan ketakukan dari dalam dirinya untuk mencoba tantangan yang lebih besar dalam kehidupannya.

FINAL CHALLENGE

Sebuah kegiatan sederhana namun butuh komitmen yang tegas untuk mengajak seluruh peserta menyelesaikan tugas akhir yang disebut Final Project. Di sesi Final Project ini peserta diminta untuk menyumbangkan setiap potensi yang dimilikinya dengan simbol mendirikan bendera “We Are Agent Of Change” yang menggambarkan sebagai sebuah komitmen bersama. Komitmen yang digambarkan dengan simbol tersebut yang telah di sepakati bersama sehingga mau-tidak mau harus di selesaikan. Sarana dan prasarana untuk mendirikan berdera pun serba terbatas, bahkan tiang bendera yang terbuat dari rotan pun sangat lentur dan elastis sehingga benar-benar membutuhkan strategi dan sumbangsih dari setiap peserta. Proses saling melengkapi sehingga tercipta berkibarnya bendera “We Are Agent Of Change” yang sempurna menjadi pengalaman yang tak terlupakan yang diikat dengan sebuah komitmen individu yang ingin dicapai dan diungkapkan dalam 1 kata yang diperdengarkan kepada rekan satu kelompok besar. Tujuan dari Final Project ini adalah:

- Sebagai simbol komitmen individu untuk berperan secara aktif dan maksimal dengan potensi yang dimiliki setiap individu

- Mengajak peserta untuk bertumbuh bersama dan saling menguatkan antara satu individu dengan individu yang lain

TEAM COMMITMENT

Kegiatan terakhir ini dikhususkan bagi peserta Pelatihan Outbound yang dituntut akan komitmen dan tanggungjawabnya terhadap tugas dan pekerjaannya. Kegiatan ini berbentuk suatu refleksi pribadi, merumuskan intisari yang didapat selama training terhadap apa yang telah di kerjakan. Bertujuan merangsang peserta untuk bersedia meningkatkan dedikasinya terhadap Tim (Perusahaan), serta melatih untuk bersikap konsekuen terhadap apa yang telah dijanjikanya.

Dilatarbelakangi oleh tujuan pengembangan kualitas sumberdaya manusia bagi setiap organisasi dan perusahaan guna mencapai visi dan misinya, maka Stabilo Consultainment  menciptakan beberapa program berbasis pada experiential learning yang dirasakan sangat aplikatif dan mudah dicerna sehingga dapat memberikan suasana yang menyenangkan bagi suatu tim. Kami juga mencoba menggabungkan antara sisi konsultasi (Consultation), pelatihan (Training) dan hiburan (Entertainment) dalam setiap sesi pembelajaran kami. Serta dengan didukung kurang lebih 30 orang Trainer/ fasilitator berpengalaman tidak sulit bagi kami untuk menyelenggarakan pelatihan pada saat yang bersamaan di tempat yang berbeda. Diharapkan Operational Manager & Program Designer kami dengan basic pendidikan psikologi, maka kebutuhan Pelatihan dapat terakomodasi dengan baik. Bersama Stabilo Consultainment, kita bisa mewarnai dan menggaris-bawahi hal-hal penting dalam kehidupan ini menjadi lebih bermakna lagi.

B. Jadual Acara

Akan dikoordinasikan dengan Pihak Klien. Demikian prospektus kegiatan yang kami rancang untuk dilakukan, smoga kegiatan tersebut sangat berguna untuk menumbuhkembangkan pribadi dan saling menguatkan satu sama lain sebagai Tim. Dengan kegiatan ini Kami berharap bisa membantu banyak pihak untuk menjadi individu yang berkembang baik secara attitude, skill maupun knowledge-nya.

Download Prospektus Kegiatan